Go-green school




Lingkungan sekolah yang kondusif sangat diperlukan dalam menghasilkan tamatan yang cakap melalui proses belajar mengajar berbasis sistem pendidikan yang bermutu. Tidak itu saja, lingkungan sekolah yang kondusif juga akan ikut mendorong terwujudnya pola hidup bermutu yang pada saat ini sangat diperlukan dalam meningkatkan daya saing bangsa dimata dunia sekaligus melestarikan kekayaan sumber daya alam hayati Indonesia.
Pentingnya penghijauan Untuk mengurangi peristiwa global worming,tentunya penhijauan sangat penting bagi sekolah ,selain menyejukan udara di sekitar nya,dapat juga memperindah pemandangan.
Penghijauan tidak hanya menanam pohon saja,dengan membersihkan setiap ruangan dan lingkungan sekitar sekolah serta membuang sampah pada tempat nya juga termasuk penghijauan.
Salah satu cara kecil yang di lakukan sekolah kami adalah menyediakan tong sampah di setiap ruangan kelas dan lingkungan sekolah.

             Penghijauan sangat mudah dilakukan apabila ada kemauan dari masing-masing individu. Karena manfaat penghijauan sangat besar untuk kesehatan kita. Kami mengajak siswa siswi agar melakukan penghijauan di sekolahnya. Dan para guru harus meyakinkan para siswa dampak positif dan negatifnya apabila melakukan penghijauan. Dan mengajak anak didiknya melakukan penghijauan dengan hal hal yang menarik. Misalnya, melakukan acara penanaman seribu bunga disekolah. Dan perlombaan bunga sehat tiap kelas, siswa siswi pun diharapkan bisa tertarik melakukan penghijauan.
            Menurut penelitian dalam suatu lembaga, belum semua sekolah-sekolah menerapkan penghijauan di sekolahnya, padahal pemerintah telah mensosialisasikan pentingnya penghijauan di sekolah, agar mendapatkan udara yang sejuk, serta lingkungan yang baik. Untuk itu pihak sekolah harus mengajak seluruh siswa siswi sekolahnya untuk melakukan penghijauan. Penghijauan bisa dilakukan sesederhana mungkin misalnya, dengan membawa bunga dari rumah dan meletakkannnya di depan kelas. Dan siswa itu diharapkan untuk merawatnya
 Di indonesia belum semua sekolah melakukan go-green school,namun ada juga yang telah menerapkannya biasanya asekolah itu menanam penghijauan dengan menambahkan, menanam berbagai macam jenis tanaman di berbagai sudut sekolah, banyak dampak positif yang bisa diambil misalnya memberikan kenyamanan ketika proses belajar-mengajar sedang berjalan. Sekolah yang melakukan kegiatan tersebut biasanya disebut “green school”.
Menurut saya penghijauan yang dilakukan di beberapa sekolah belum maksimal karena di halaman sekolah masih belum dilakukan penghijauan. Maka dari itu, penghijauan sangat diperlukan sekali di sekolah-sekolah. Dengan adanya penghijauan di sekolah dapat memungkinkan orang-orang yang sebelumnya tidak mengetahui lebih lengkapnya tentang sekolah tersebut menjadi kenal dengan sekolah yang penghijauannya dijalankan dengan sebaik-baiknya dan memungkinkan orang-orang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya yang melaksanakan penghijauan dengan baik.
                Tetapi banyak yang menyangka bahwa GO-Green School hanyalah kegiatan menanam pohon, tetapi pendapat itu tidak sepenuhnya benar, karena banyak kegiatan untuk menunjang Go-Green School ini,   Kegiatan yang bisa dilakukan dalam proses Go-Green School Antara lain:
a)   Mengelola sampah di sekolah
 kegiatan ini sekaligus mendidik warga lingkungan sekolah untuk tertib dan disiplin. Tempat sampah dipisahkan menjadi kelompok sampah organik plastik dan kertas, dan metal dan kaca. Pengolahan sampah menerapkan konsep 3R yaitu Reuse (penggunaan kembali), Reduce (pengurangan),Recycle (daur ulang).
b)   Menanam tanaman di halaman sekolah
Sebagian besar sekolah memiliki halaman yang sangat gersang bahkan tidak ada tanaman sedikit pun, maka mari menanam tanaman di halamn sekolah  danjangan lupa juga untuk merawatnya.
c)    Kebersihan kantin
 Kebersihan kantin biasanya kurang bersih, meski sedah di bersihkan masih ada yang membuang sampah sembarangan dan jika kebersihan kantin tidak di jaga kantin di sekolah terlihat jorok dan kurang bersih.makanya kita harus mentaati peraturan, supaya siswa-siswi senang kalau makan di kantin.
Pada intinya :

Penghijauan atau kegiatan GO-Green sangatlah penting untuk dilakukan disemua lingkuangan, termasuk lingkungan sekolah, karena di sekolah adalah tempat para guru dan siswa saling ajar mengajar yang sangatlah membutuhkan konsentrasi. Konsentrasi tidaklah akan terwujud jika di lingkungan sekolah tidak nyaman dan indah, karena kenyamanan dan keindahan adalah faktor yang sangat penting dalam proses bealaajr untuk membutuhakan konsentrasi. Dan di harapkan kegiatan Go-Green School ini diterapkan oleh berbagai sekolah sehingga dapat menunjang proses belajar para siswa.

Sumber :
1. http://green-community-019.blogspot.co.id/2014/04/penghijauan-sekolah-dan-lingkungan.html